CARA MEMBONGKAR LAPTOP TOSHIBA Satelite Pro

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Laptop merupakan bentuk komputer yang lebih kecil dibanding PC, laptop tidak perlu menggunakan monitor dan CPU lagi secara terpisah tetapi didalam laptop itu sendiri sudah mencakup monitor serta perangkat komputer yang lain dalam satu komponen. Serta laptop sangat mobile, yang dimaksud mobile disini yaitu laptop sangat mudah dan praktis untuk dibawa pergi tidak seperti PC yang berbentuk besar.
Setiap perusahaan PC yang semula hanya memproduksi komputer tabung (PC) saja mulai melebarkan sayap dengan memproduksi laptop dan mengembangkan 2 ilmu pengetahuan yang mereka miliki serta mengikuti perkembangan teknologi yang ada untuk dapat menghasilkan laptop yang sesuai dengan keinginan konsumen.
Setiap laptop memiliki spesifikasi sendiri-sendiri, semua tergantung dari para calon pembeli untuk membeli laptop tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing-masing konsumen.
Sekarang ini laptop menjadi sebuah produk wajib yang dimiliki oleh setiap orang tidak terkecuali mahasiswa. Laptop menjadi produk yang sangat dibutuhkan mahasiswa untuk menunjang mobilitas mereka dalam mengerjakan setiap tugas dan laporan yang harus dikerjakan dan dikumpulkan kepada dosen mereka. Produk laptop lebih dipilih oleh mahasiswa daripada PC karena laptop lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana sehingga mereka merasa lebih nyaman menggunakan laptop dibandingkan PC.
Laptop secara bentuk memang lebih besar dibandingkan netbook maupun tablet tetapi laptop memiliki keunggulan diantaranya pada laptop sudah dilengkapi dengan DVD/CD ROM. Dimana DVD/CD ROM ini dapat digunakan untuk mengedit sebuah video, mengedit gambar atau foto serta dapat digunakan untuk menonton film dalam bentuk DVD dan VCD serta mendengarkan musik dalam bentuk CD. Fitur ini tidak dapat ditemukan di netbook maupun tablet. Karena pada dasarnya netbook diciptakan untuk memudahkan konsumen yang sering berinternet dengan modelnya yang lebih kecil dan tipis dibandingkan laptop, sedangkan tablet sendiri berupa komputer lengkap yang
seluruhnya berupa layar sentuh datar, tablet diciptakan untuk memudahkan para pelaku kerja dalam melakukan presentasi di kantor. Tetapi, untuk tablet sendiri kurang dapat berfungsi dengan baik di Indonesia karena kebanyakan konsumen Indonesia hanya menggunakan tablet untuk bermain game saja.
Konsumen juga dipengaruhi dengan beragam nama merek laptop di Indonesia. Masing-masin merek memiliki pandangan yang berbeda-beda di kalangan konsumen. Setiap konsumen memiliki alasan tersendiri dalam menilai merek-merek tersebut merupakan merek terbaik atau bukan. Dengan persepsi konsumen yang berbeda-beda dalam menilai merek tersebut dapat menimbulkan informasi-informasi yang menumpuk serta konsumen yang akan membeli laptop dihadapkan pada beragam pilihan merek yang dapat dipilih untuk dibeli. Hal ini justru akan menambah kebingungan di kalangan konsumen.
Faktor harga juga dapat menimbulkan kebingungan di kalangan konsumen yang akan membeli laptop. Setiap merek laptop mengeluarkan produk-produk laptop dengan berbagai variasi harga sesuai dengan keunggulan dan spesifikasi dari masingmasing laptop tersebut. Konsumen dihadapkan pada situasi yang dilematis dalam memilih laptop yang akan dibeli karena harus menyesuaikan kondisi finansial dari konsumen tersebut terhadap keinginan konsumen tersebut dalam membeli laptop yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

1.2 Tujuan Percobaan

• Mahasiswa memahami dengan benar cara membongkar laptop.
• Mengenal lebih dekat isi komponen pada laptop.
• Dapat memasang kembali komponen laptop yang telah dibongkar dengan benar.

BAB II
PEMBAHASAN

Pada praktikum kali ini kita akan mempraktekkan cara membongkar sebuah laptop, dimana laptop yang digunakan kali ini adalah merk TOSHIBA Satelite Pro dengan layar antara 14-16 inchi.

Yang pertama dilakukan adalah melapas baterai laptop kemudian kita bongkar bagian belakang laptop. Buka baut-baut pada tempat Harddisk dan juga RAM berada. Pada laptop ini setiap tempat baut nya diberi kode pengenal agar nanti tidak tertukar saat memasangkannya kembali bautnya.(gambar 1)

Gambar 1

Gambar 1

Setelah selesai kita pindah ke bagian depan laptop, bagian yang pertama dibuka adalah bagian penutup baut pada keybord. Sebelum keyboard di bongkar bagian tersebut yang mesti di lepas terlebih dulu, caranya dengan mencungkil bagian pinggir dengan hati-hati menggunakan obeng.(gambar2)

Gambar 2

Gambar 2

Kemudian kita buka keyboard nya dengan cara agak sedikit ditarik Setelah itu buka baut yang terpasang pada bagian sisi kiri kanan dekat LCD nya untuk melepaskan LCD nya,
dan juga lepaskan perlahan casing sisi pada keyboard.
Karena ini kita akan membongkar total laptopnya maka seluruh baut harus dilepaskan dan di perhatikan apakah ada baut baut yang kira kira harus dibongkar juga yang mungkin berhubungan dengan bagian lainnya yang akan kita bongkar nantinya. (gambar3)

Gambar 3

Gambar 3

Gambar berikut ini menunjukan bagian bawah laptop yang akan dilepaskan beberapa baut yang ada dan juga kabel-kabel kecil yang harus dilepaskan juga dengan hati-hati.(gambar4)

Gambar 4

Gambar 4

Dan terakhir, gambar dibawah ini adalah seluruh perangkat atau komponen laptop yang sudah selesai dibongkar semuanya.(gambar5)

Gambar 5

Gambar 5

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Setelah mempraktikkan secara langsung membongkar laptop, saya telah memahami bagaimana tahap-tahapan nya, dibutuhkan ketelitian,kesabaran dan juga tidak membongkarnya dengan terburu-buru.
Hal yang paling penting juga adalah mengenal tempat baut-bautnya agar tidak tertukar pada saat akan memasangkan kembali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s