Rangkuman Perakitan PC Dan Laptop

Dalam membongkar atau memasang sebuah PC ataupun laptop, sebenarnya yang sangatlah penting adalah memperhatikan secara detail setiap tahapan-tahapan pemasangan atau pembongkaran komponen nya. Termasuk juga baut-baut yang ada didalamnya. Seringkali yang menjadi permasalahan saat memasang kembali setelah dibongkar adalah baut yang tidak terpasang tepat dan juga ada komponen yang tertinggal dan tidak terpasang sehingga harus membongkarnya lagi dan membuat waktu terbuang, ini sering terjadi saat memasang kembali sebuah laptop yang lebih banyak menggunakan baut-baut didalamnya.
Untuk membongkar nya saja sebenarnya sangat mudah, tidak ada kesulitan kalau kita sudah tau komponen apa yang pertama dibuka atau dilepaskan terlebih dahulu, seperti untuk sebuah PC yang harus dimulai dari membuka baut-baut power supply nya kemudian melepas baut yang ada disekitar mainboard, melepas kabel-kabel yang terpasang,membuka heatsink dan juga harddisknya.

Untuk permasalahan efisiensi waktu, terdapat perbedaan untuk PC jenis lama dan baru, pada PC baru lebih cepat dan mudah untuk membongkar komponen-komponennya . Karena penggunaan kabel yang berukuran lebih kecil pun sebenarnya mempermudah untuk mengurangi keribetan dalam membuka baut disekitar mainboard nya, dan juga heatsink yang digunakan adalah yang model tekan sehingga untuk memasangnya hanya diputar 4 sisinya kemudian ditekan dan ditarik untuk melepaskan nya dan juga ukuran PC baru lebih kecil dari PC lama sehingga komponen didalamnya juga tidak berukuran besar.
Dapat dilihat dalam gambar perbedaan isi komponen PC lama dan juga PC baru.

Komponen PC Lama

Komponen PC Lama

Komponen PC Baru

Komponen PC Baru

Dari pengalaman praktek secara langsung, membuka laptop adalah yang paling ribet. Kita harus benar-benar teliti membuka setiap komponen yang ada didalamnya, kita harus membongkar terlebih dahulu bagian belakang laptop, kemudian membuka sisi depan dan mempreteli satu-satu baut-baut dan kemudia komponen-komponen kecil didalamnya, tentu harus teliti jangan sampai saat melepaskan kabel-kabel penghubungnya yang ada menjadi putus!

Tentu setiap merk beda-beda pula tingkat kesulitannya, semakin itu adalah jenis laptop lama semakin ribet saat membongkarnya juga.
Setelah terbiasa mempraktekkan secara langsung kita akan menjadi terbiasa dan tidak lagi menemukan kesulitan saat membongkar apalagi memasangkannya kembali, seperti peribahasa ala bisa karena biasa 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s